PANEN RAYA JAGUNG DI KELOMPOK TANI SIDOMULYO PADUKUHAN KRINJING

Supriyanta, S. Sos 09 Oktober 2019 11:21:21 WIB

                Mertelu-gedangsari.desa.id - Desa Mertelu Kecamatan Gedangsari merupakan desa yang mayoritas penduduknya bermatapencaharian sebagai petani. Dengan luas lahan pertanian seluas kurang lebih 63 ha. Yang terdiri dari ± 23 ha sawah tadah hujan, dan  ± 40 ha tegal. Pada tahun 2019 BPP Kecamatan Gedangsari mengadakan program SLPTT di Desa Mertelu. SLPTT tahun ini yang menjadi program tahunan dari BPP Kecamatan Gedangsari adalah penanaman Jagung. Pada tahun 2019 kelompok tani “SIDOMULYO” Padukuhan Krinjing, Desa Mertelu, berkesempatan mendapatkan program tersebut.

                Bukan kali ini saja Poktan di Desa Mertelu mengundang berbagai fihak terkait di kegiatan Paben Raya,Klomptan Gandurejo,Klomptan Soroguno begitu juga.Hal ini menunjukkan potensi yang dimiliki Poktan di Desa Mertelu mampu bersaing dengan Klomptan lainnya.Adapun lahan yang menjadi obyek SLPTT jagung adalah ± 2 ha, namun dikarenakan terkendala kemarau yang kering, lahan SLPTT jagung yang dapat dipanen ± 1.700 m2. Dengan hasil ubinan 2,5m x 2,5m, mendapatkan hasil 7,27 kg jagung ( tongkol lepas kulit ). Selain dengan adanya kemarau yang kering, dalam hal pertanian, Desa Mertelu juga memiliki permasalahan yang lain. Yaitu dengan adanya kera ekor panjang, hewan teersebut terkadang merusak tanaman pertanian, yang mengakibatkan kerugian petani.

                Pemerintah Desa Mertelu berterima kasih kepada semua instansi yang terkait dengang program SLPTT tersebut. Dengan harapan petani di Desa Mertelu dapat semakin meningkat kesejahteraannya.

 

Belum ada komentar atas artikel ini, silakan tuliskan dalam formulir berikut ini

Formulir Penulisan Komentar

Nama
Alamat e-mail
Kode Keamanan
Komentar