PENTAS SENI KARAWITAN ANAK

Hadi Sarosa 01 Januari 2020 15:58:43 WIB

Mertelu-Gedangsari.desa.id- Seiring perkembangan teknologi yang ada saat ini muncul berbagai macam seni baru, yang mana seni tersebut mengandalkan teknologi yang sudah modern. Sebagai salah satu contoh seni dalam melukis, dahulu orang melukis menggunakan media berupa kertas, kanvas, kuas, dan pewarna berupa cat. Namun sekarang sorang seniman dapat melukis dengan laptop ataupun alat yang lain dengan berbagai media yang ada. Dengan hasil yang tidak jauh berbeda.

   Dalam upaya agar seni yang bersifat tradisional, dalam artian menggunakan alat dan media yang asli. Di Desa Mertelu terdapat sanggar karawitan anak “ CAKRA BUANA “, yang didirikan dan diasuh oleh salah satu Perangkat Desa Mertelu yaitu Bapak Sumarna, S. IP. Yang mana beliau juga merupakan salah satu penggiat seni di wilayah Kecamatan Gedangsari.

   Pada tanggal 31 Desember 2019, sebagai bentuk dalam upaya melestarikan kesenian karawitan di Desa Mertelu. Anak – anak usia SD sampai dengan SMP yang tergabung dalam sanggar Cakra Buana. Mengadakan kegiatan malam pentas seni karawitan. Pentas seni ini bertujuan untuk melestarikan budaya dan juga menyambut pergantian tahun. Sehingga seni dan kebudayaan yang ada sekarang ini tetap lestari dan semakin berkembang, beriringan dengan perkembangan teknologi modern yang ada di masyarakat.

   Dalam pentas seni selain dihadiri oleh warga dan orang tua anak yang tergabung dalam sanggar. Sehingga orang tua juga dapat ikut merasakan bangga bahwa anak – anaknya dapat ikut melestarikan kebudayaan yang merupakan warisan dari leluhur. Dalam istilah jawa “ NGURI – URI KABUDAYAN”

                Dengan kegiatan tersebut diharapkan kedepannya seni dan kebudayaan yang ada di Desa Mertelu tidak hilang namun semakin berkembang seiring dengan maraknya perkembangan teknologi yang ada.

Dokumen Lampiran : PENTAS SENI KARAWITAN ANAK


Belum ada komentar atas artikel ini, silakan tuliskan dalam formulir berikut ini

Formulir Penulisan Komentar

Nama
Alamat e-mail
Kode Keamanan
Komentar