MENINGKATKAN IPM, DENGAN PEMBENTUKAN TBM

Hadi Sarosa 25 September 2020 11:37:07 WIB

Gerakan sadar literasi, gencar dikampanyekan akhir-akhir ini. Budaya membaca yang mulai hilang dari kebiasaan masyarakat mulai dibangkitkan dengan berbagai kegiatan. Salah satu alternatf kegiatan yaitu dengan pembentukan Taman Bacaan Masyarakat (TBM). Kemunculan TBM menjadi embrio pendidikan alternatif (informal/nonformal) untuk mendorong gerakan membaca masyarakat secara swadaya. Selainitu, TBM juga diharapkan dapat meningkatkan Indeks Pembangunan Manusia.

Kapanewon Gedangsari merupakan salah satu kapanewon dengan Indeks Pembangunan Manusia (IPM) yang rendah di Kabupaten Gunungkidul. Faktor penyebab dari hal tersebut adalah masih rendahnya angka melek huruf dan pendidikan masyarakat. TBM dapat mengimplementasikan peningkatan kualitas sumber daya manusia melalui gerakan baca yang selama ini telah digelorakan.

Melihat kondisi tersebut mahasiswa Kuliah Kerja Nyata (KKN) Kolaborasi Kecamatan Gedangsari 2020 yang terdiri dari mahasiswa UST, UNY, dan UNISA berinisiatif membangun TBM sebagai salah satu program kerja. Pembentukan TBM dilakukan secara kerjasama dengan Forum Mahasiswa Gedangsari (FORMASI) yang jugamemiliki program kerja yang selaras. TBM dibangun di Dusun Piji, Mertelu, Gedangsari, tepatnya di RT 04.

Pembentukan TBM ini dimulai dengan mengumpulkan donasi dari berbagai pihak.  Donasi yang diberikan kepada masyarakat  berupa buku, rak, dan juga perlengkapan lainnya.  Setelahitu, dilakukan bimbingan belajar kepada anak-anak, membuat karya dari barang bekas, dan juga mengenalkan dolanan tradisional.

 

Pada Rabu (23/09), dilakukan pembukaan Taman Bacaan Masyrakat dengan penyerahan buku secara simbolis kepada Bapak Tugiyo selaku Ketua Pemuda sebagai perwakilan warga. TBM ini diresmikan dengan nama Taman Bacaan Masyarakat Al-Mu’minun. Dalam acara ini dihadiri Takmir Mushola Al-Mu’minun, Tokoh Masyarakat, Ketua dan Anggota Pemuda, Perwakilan FORMASI, dan juga warga masyarakat.

Terbentuknya TBM Al-Mu’minun mendapat tanggapan yang sangat positif dari warga Dusun Piji khususnya warga Congo. Salah satunya dapat dilihat dari anak-anak kecil yang sangat antusias mengikuti kegiatan walaupun TBM belum  selesa idibentuk. Nantinya, TBM akan dikelola oleh pemuda dengan dampingan dari Forum Mahasiswa Gedangsari.

KKN KOLABORASI KECAMATAN GEDANGSARI 2020

UST-UNY-UNISA

Dokumen Lampiran : MENINGKATKAN IPM, DENGAN PEMBENTUKAN TBM


Belum ada komentar atas artikel ini, silakan tuliskan dalam formulir berikut ini

Formulir Penulisan Komentar

Nama
Alamat e-mail
Kode Keamanan
Komentar