Sosialisasi Program Sanitasi Perdesaan Padat Karya 2021

Fitri Wijayati 03 April 2021 18:32:16 WIB

Jumat, 26 Maret 2021 bertempat di auala Kalurahan Mertelu berlangsung acara Sosialisasi Program Sanitasi Perdesaan Padat Karya 2021. Hadir dalam acara tersebut perwakilan BPPW DIY, Dinas PUPR Gunungkidul dan lembaga Kalurahan Mertelu. Dalam kegiatan ini dipaparkan beberapa kriteria desa penerima Sandes 2021. Program Sandes Padat Karya 2021 sendiri bertujuan untuk meningkatkan perluasan akses sanitasi dengan menyediakan sarana dan prasarana yang berkualitas, berwawasan lingkungan serta meningkatkan pemahamam masyarakat tentang pola hidup bersih dan sehat.

Sanitasi sendiri berkaitan erat dengan pola hidup masyarakat. Sanitasi yang buruk dan kurang berkualitas menyebabkab kurang bersihnya pola hidup masyarakat juga yang akan berdampak pada kesehatan. Bagi anak-anak terutama bayi dibawah tiga tahun (batita), sanitasi yang buruk dapat mengganggu tumbuh kembang mereka. Anak-anak tidak dapat tumbuh secara optimal sehingga masuk dalam kategoti bayi stunting. Oleh karena itu, diharapkan dengan adanya realisasi program ini mampu membantu masyarakat yang belum memiliki tempat buang air besar yang permanen dan layak.

Kalurahan Mertelu sendiri mendapatkan bantuan program Sandes 2021. Hal ini karena masih tingginya angka stunting di Mertelu. Jajaran pemerintah Mertelu menyambut baik program ini dengan harapan mampu menekan angka stunting di Mertelu. Selanjutnya, meminta masyarakat untuk senantiasa menerapkan pola hidup bersih dan sehat.

Belum ada komentar atas artikel ini, silakan tuliskan dalam formulir berikut ini

Formulir Penulisan Komentar

Nama
Alamat e-mail
Kode Keamanan
Komentar