Pembetukan KSM Mertelu Sehat

Fitri Wijayati 04 April 2021 00:47:16 WIB

Menindak lanjuti kegiatan sebelumnya yakni Sosialisasi Program Sanitasi Perdesaan Padat Karya 2021, langkah selanjutnya adalah rembug pembentukan Kelompok Swadaya Masyarakat (KSM).  Pola penyelenggaran Program Sandes Padat Karya 2021 dilaksanakan oleh Kelompok Swadaya Masyarakat dengan didampingi oleh Fasilitator Kabupaten dan tenaga fasilitator lapangan (TFL) yang memiliki kemampuan teknis dan sosial kemasyarakat mulai dari kegiatan perencanaan hingga pemeliharaan fasilitas.

Masih bertempat di aula Kalurahan Mertelu, Kamis 31 Maret 2021 terlaksana rembug pembentukan Kelompok Swadaya Masyarakat (KSM) yang selanjutnya diberi nama KSM Mertelu Sehat. Hadir dalam acara ini tenaga  fasilitator lapangan, lembaga pemerintah Mertelu dan masyarakat. Ada beberapa syarat dalam pembentukan KSM diantaranya, anggota KSM bukan merupakan ASN dan Dukuh, memilki akses ke jaringan internet, mengikutsertakan peran perempuan  minimal 30%, anggota harus berjumlah ganjil dan lain-lain. Susunan KSM sendiri terdiri dari ketua, sekretaris, bendahara, sie perencana, sie pelaksanaa dan sie pengadaan barang dan jasa. Khusus untuk sie pelaksana barang dan jasa harus terdiri dari 3 orang.

KSM Mertelu Sehat terdiri dari 11 orang, 3 diantaranya merupakan perempuan. Ketua KSM Mertelu Sehat yakni Bapak Sunardi. Selanjutnya, baik TFL maupun pemerintah Mertelu berharapa tim KSM dapat solid bekerjasama baik dengan tfl sendiri maupun pemerintah desa dalam mewujudkan suksesnya program Sandes Padat karya 2021 ini. Selain itu juga berharap, tim KSM Mertelu Sehat bekerja dengan transparan dan akuntabel. 

Belum ada komentar atas artikel ini, silakan tuliskan dalam formulir berikut ini

Formulir Penulisan Komentar

Nama
Alamat e-mail
Kode Keamanan
Komentar