"JABURAN NGEKONG " DAN " SINDULUMUT

Supriyanta, S. Sos 16 Mei 2023 09:04:32 WIB

Pada hari Jumat Pon, 12 Mei 2023 dilaksanakan Gelar Tradisi Jaburan Ngekong yang berada di Padukuhan Mertelu. Kegiatan ini merupakan kegiatan rutin Kalurahan Mertelu untuk melestarikan budaya yang ada di masyarakat. Jaburan Ngekong dilaksanakan pada setiap musim tanam ke-2 yang bertepatan dengan Hari Jum'at Pon dengan dilakukan Kenduri menggunakan Ayam Panggang beserta Trancaman dengan Nasi Golong pada masa Pari Gemadung setelah Matun artinya padi yang telah di siangi dengan kondisi bulir telah terisi / gembadung.

Kegiatan ini bertujuan untuk menynjukkan rasa syukur terhadap Tuhan ( Allah ) yang telah membeikan nikmat pada tahun lalu dan memanjatkan doa untuk kebaikan tanaman padi pada musim tanam saat ini dan yang akan datang. Pada tahun ini Pamong Kalurahan yang mendapat jadwal untuk mennyiapkan Nasi Tumpeng adalah Carik.

Kegiatan ini dimulai dari Rumah Dukuh Mertelu dengan upacara Pelepasan yang diikuti oleh semua elemen masyarakat Padukuhan Mertelu beserta Pamong Kalurahan. Setelah sampai di lokasi Kong, maka dilakukan upacara Penerimaan Jodhang oleh Tokoh Masyarakat yang dilanjutkan dengan Pemaparan Sejarah Ngekong, serta dilanjutkan Doa bersama. Antusiasme masyarakat terlihat dengan masing masing RT di Padukuhan Mertelu mengeluarkan Jodhang beserta isinya yang di susul denga Sholawatan oleh 3 Kelompok di KAlurahan Mertelu ( Gandu, Mertelu, Baturturu ) yang ikut serta dalam kegiatan tersebut. Bergodho Tri Manggolo membuka pawai kegiatan tersebut dengan cukup bagus dimana bergodho tersebut terdiri dari generasi muda Padukuhan Mertelu yang tergabung dalam komunitas TPA Masjid dan juga Posyandu Remaja.

Gelaran Tradisi selanjutnya dilaksanakan pada hari Minggu, 14 Mei 2023 di Blumbang Sindulumut Padukuhan Guyangan Lor. Kegiatan ini dilaksanakan oleh 2 ( dua ) padukuahan yakni Padukuhan Guyangan Kidul dan Padukuhan Guyangan Lor. Kegiatan ini dilaksanakan di Blumbang Sindulumut dengan melaksanakan kenduri bersama yang dipimpin oleh Rois Padukuhan Guyangan Lor.

Kegiatan ini bertujuan untuk meminta keselamatan dan juga terkabulnya permohonan dari Allah oleh masing masing masyarakat peserta kenduri

 

Belum ada komentar atas artikel ini, silakan tuliskan dalam formulir berikut ini

Formulir Penulisan Komentar

Nama
Alamat e-mail
Kode Keamanan
Komentar