ADAT. BARIK'AN KALURAHAN MERTELU

Heri Cahyana 08 Desember 2023 17:38:03 WIB

Mertelu_Gedangsari (GK), masyarakat kalurahan mertelu memasuki musim tanam (labuh) akan tetapi hujan juga tak kunjung turun di wilayah kalurahan mertelu. Hal ini menjadi perhatian pelestari budaya kalurahan mertelu beserta pemerintah kalurahan mertelu untuk menanggapi kondisi seperti ini. 

Pada hari ini Jumat pon, 8 Desember 2023 warga masyarakat melakukan upacara adat istiadat dalam rangka memohon agar hujan segera turun,  hal ini masyarakat menyebutnya "BARIK'AN ". kegiatan ini di laksanakan secara serentak di beberap wilayah kalurahan mertelu, antara lain di situs ngekong (padukuhan mertelu), Sindu lumut ( gy lor&gy kidul), tapok ondo ( mertelu wetan) , migit (piji) dan di wilayah krinjing. Hal ini bertujuan agar hujan segera turun sehingga para petani bisa segera menanam padi di musim ini. 

Dengan sarana yang berwujud air upacara ini di laksanakan, misal dawet, cincau, kolak, kelapa muda, dll yg sebagian di taburkan di area situs upacara dan sebagian di minum masyarakat,. Semoga air segera turun di wilayah kalurahan mertelu dan masyarakat yang mayoritas mata pencaharian petani untuk menanam padi di sawah.

Dokumen Lampiran : Sesepuh situs ngekong (mbah Harjono)


Belum ada komentar atas artikel ini, silakan tuliskan dalam formulir berikut ini

Formulir Penulisan Komentar

Nama
Alamat e-mail
Kode Keamanan
Komentar